Bursa Saham di Aplikasi Sekuritas

Saham Adalah Investasi Jangka Panjang Yang Menguntungkan

Saham Adalah Investasi Jangka Panjang Yang Menguntungkan – Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha yang berbentuk surat berharga untuk menandakan kepemilikan suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Saham merupakan produk dari instrumen pasar keuangan yang terpopuler. Perusahaan menerbitkan saham digunakan untuk menambah pendanaan perusahaan yang digunakan untuk pengembangan usaha dengan cara menjual kepemilikan perusahaan itu. Orang atau badan usaha yang menanamkan modalnya secara sah di perusahaan disebut dengan pemegang saham.

Saham di Indonesia dijualbelikan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan perantara Perusahaan sekuritas. Aktivitas perdagangan yang terjadi di bursa tersebut akan membentuk fluktuasi harga saham. Kenaikan dan penurunan harga saham itu diakibatkan oleh adanya permintaan dan penawaran atas saham tersebut. Permintaan dan penawaran tersebut terjadi karena berbagai faktor seperti kinerja perusahaan, tingkat suku bunga, inflasi, sosial politik, dan faktor lainnya. Keperluan dalam membeli saham yaitu memiliki rekening efek dan akun di sekuritas untuk bertransaksi.

Keuntungan

Berikut merupakan beberapa keuntungan yang didapatkan oleh investor setelah membeli saham.

Dividen

Dividen adalah keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan yang nantinya dapat dibagikan kepada pemegang saham selama jangka waktu tertentu. Pembagian keuntungan tersebut dapat dilakukan setelah mendapatkan persetujuan oleh pemilik saham yang nantinya diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Apabila pemodal memegang saham dalam jangka waktu tertentu hingga pada saat periode dimana kepemilikan tersebut diakui sebagai pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Maka Pemodal tersebut mendapatkan dividen sejumlah persentase saham yang dipunyai.

Dividen tersebut dapat berupa tunai ataupun saham. Dividen tunai yaitu pemegang saham diberikan dividen berupa uang tunai dalam jumlah rupiah yang ditentukan untuk setiap saham. Dividen saham artinya  pemegang saham diberikan dividen berupa saham, yang mana jumlah saham dimiliki oleh pemegang saham akan bertambah sesuai dengan besarnya kepemilikan perusahaan.

Capital Gain

Capital gain merupakan keuntungan yang didapatkan dari transaksi perdagangan saham dari selisih antara harga jual dan harga beli. Misalnya investor membeli saham readtic dengan kode saham RTIC pada harga Rp 1.000,00 per saham. Ketika harga naik mencapai nilai Rp 2.000,00 per saham investor menjualnya yang berarti pemodal tersebut mendapatkan keuntungan sebesar Rp 1.000,00 untuk setiap saham yang dijual belikan.

Risiko

Sebagai investasi yang berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar, maka risiko yang berada di investasi saham juga tinggi.

Capital Loss

Capital loss merupakan kerugian yang didapatkan akibat investor menjual saham lebih rendah dari harga beli. Contoh saham PT. RTIC yang di beli pada harga Rp 2.000,00 per saham, kemudian harga saham tersebut terus mengalami penurunan hingga mencapai Rp 1.500,00 per saham. Karena Investor berpikir harga saham tersebut akan terus turun, investor menjual saham pada harga Rp 1.500,00. Sehingga mengalami kerugian sebesar Rp 500,00 per saham.

Risiko Likuidasi

Risiko likuidasi adalah perusahaan yang dinyatakan bangkrut oleh pengadilan atau perusahaan telah dibubarkan oleh likuidator. Maka perusahaan akan melunasi kewajiban perusahaan dari hasil penjualan aset perusahaan tersebut terlebih dahulu. Oleh karena itu, hak klaim pemegang saham berada pada urutan terakhir. Pembagian sisa hasil penjualan kekayaan perusahaan tersebut dibagi secara proporsional kepada seluruh pemegang saham. Apabila tidak ada sisa kekayaan perusahaan, maka pemegang saham tidak mendapatkan apapun dari hasil likuidasi tersebut. Keadaan seperti ini merupakan risiko terberat dari investor saat berinvestasi di saham. Untuk itu investor perlu melakukan analis secara fundamental dan teknikal terhadap perkembangan perusahaan.

Dapat diandalkan

Investasi saham dapat diandalkan karena dilindungi undang-undang (UU) dan otoritas jaksa keuangan (OJK). Terdapat transparansi laporan perusahaan setiap kuartal ataupun tahunan yang dipublikasikan. Laporan perusahaan dapat diperoleh di situs BEI. Sehingga, investor dapat mengambil keputusan terhadap saham tersebut secara objektif dan benar untuk mendapatkan keuntungan yang optimum. (sy)

1 thought on “Saham Adalah Investasi Jangka Panjang Yang Menguntungkan”

  1. Pingback: Manfaat Investasi untuk Masa Depan - Readtic

Leave a Reply

%d bloggers like this: